2013/05/20

Usaha Pembuatan Kaligrafi Dan Relief


 
 
Demak yang selama ini terkenal dengan wisata religinya juga memiliki beberapa tempat produksi kerajinan tangan, seperti di desa Pilangrejo Kec. Wonosalam Kab. Demak. Di tempat ini terdapat seorang pengusaha kaligrafi yang terkenal, karena hasil karyanya dibuat secara hand made hal inilah yang membuat perpedaan dengan para pengrajin lainnya yang membuat kaligrafinya dengan menggunakan mesin.

Sukarman (40), pengrajin kaligrafi dari Pilangrejo tersebut, menceritakan bahwa usaha yang telah ditekuninya selama lebih dari lima belas tahun ini berawal dari hobi menggambarnya.dari sekedar kesenangan, usahanya kini telah berkembang menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk memproduksi kaligrafi dan gambar relief, beliau dibantu tujuh orang karyawan yang ahli.

Kini, tiap bulan Sukarman bisa memproduksi kurang lebih 90 kaligrafi tiap bulannya. Untuk membuat kaligrafi beliau mendatangkan bahan baku kuningan, feber, silikon dan figura dari wilayah sekitar Demak, seperti Kudus dan Semarang. Untuk pemasaran, awalnya produk kaligrafinya hanya dipasarkan melalui galeri yang ada di Desa Pilangrejo, namun karena permintaan pasar yang meningkat kini hasil karyanya telah tersebar diseluruh daerah di Indonesia yang dibawa melalui sales-sales di daerah.

Di galerinya yang terletak di desa pilangrejo Sukarman menjual berbagai jenis kaligrafi dan relief dari bahan kuningan, feber dan silikon. Harga yang ditawarkan kisaran harga RP 400.000 s/d Rp 2.000.000 semua harga tersebut tergantung dengan bahan baku yang dipakai dan tingkat kesulitan atau kerumitan kaligrafi dan reliefnya. Semakin rumit kaligrafi dan relief yang dibuat maka harga yang ditawarkan juga semakin tinggi.
Selain menjual berbagai kaligrafi dan relief, di galerinya Sukarman juga menjual berbagai bingkai untuk kaligrafi dan relief, serta berbagai macam lukisan. Dari lukisan bunga, pemandangan, buah-buahan dll. Sukarman menuturkan bahwa selama ini kendala yang dihadapi dalam proses pembuatan kaligrafi dan relief ini adalah adanya  persaingan harga diantara para pengusaha dipasaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar